Saturday, November 9, 2019

Dasar-dasar Algoritma

PENGANTAR

  1. 3 unsur penting dalam dunia komputer yaitu Software (perangkat lunak), Hardware (perangkat keras), dan Brainware (manusia)
  2. Komunikasi antara hardware – software menggunakan sistem operasi
  3. Komunikasi antara hardware – brainware menggunakan teknik reparasi / teknisi
  4. Komunikasi antara brainware – software menggunakan aplikasi atau bahasa pemrograman

PEMROGRAMAN KOMPUTER

  • Standarisasi bahasa antara manusia dan komputer menggunakan bahasa pemrograman.
  • Instruksi/perintah dibaca oleh komputer melalui proses kompilasiyaitu interpreter dan kompiler.
  • Interpreter : menerjemahkan program per baris
  • Kompiler : menerjemahkan semua perintah ke dalam bahasa mesin kemudian menjalankan hasil penerjemahannya

LANGKAH-LANGKAH PEMROGRAMAN
  1. Mendefinisikan masalah
  2. Menentukan kemungkinan berbagai solusi dan menentukan solusi terbaik
  3. Memilih algoritma
  4. Menulis program
  5. Menguji program
  6. Menulis dokumentasi
  7. Merawat program

ALGORITMA

  1. Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika ayau matematika
  2. Contoh Sederhana, algoritma membuat secangkir kopi:
    • Mempersiapkan kuali dan air
    • Menghidupkan Kompor
    • Memasak air
    • Mempersiapkan gelas
    • Memasukkan gula
    • Memasukkan kopi
    • Memasukkan air panas
    • Aduk dan sajikan


CONTOH ALGORITMA


  • Buatlah program untuk menghitung luas lingkaran, dengan rumus :

         " L = Phi * R * "

          Algoritma :
                              - Masukkan R
                              - Phi = 3.14
                              - L = Phi * R * R
                              - Tulis L

Representasi Algoritma menggunakan Flowchart



PERCABANGAN


  • Berikut ini adalah algoritma untuk menetukan suatu bilangan ganjil atau genap
  • Contoh Algoritma
    1. Masukkan bilangan
    2. Jika bilangan habis dibagi 2 maka keterangan > "bilangan genap" Jika tidak maka keterangan > "bilangan ganjil
    3. Tampilkan keterangan
    4. Representasi Algoritma




PERULANGAN


  1. Berikut ini adalah algoritma untuk menghitung rata-rata dari sekumpulan data yang dimasukkan pengguna.
  2. Algoritma :
    • Masukkan N
    • i = 1
    • j = 0
    • Selama (i <= N) kerjakan baris 4 sampai dengan 7
    • Masukkan data#
    • i = i +1
    • j = j + data#
    • Rerata = j / N
    • Tampilan Rerata
  3. Representasi Algoritma


Previous Post
Next Post

0 Comments:

Post Komentar Anda!!!