Saturday, September 29, 2018

Penyewaan VPS & Faktor - Faktor Dalam Memilih VPS di Indonesia

Penyewaan VPS

     VPS dapat dibagi menjadi beberapa Virtual Mechine, dimana setiap VM berupa "virtual server" yang dapat diinstall sistem operasi tersendiri sehingga VPS terasa seperti sebuah dedicated server. Selain itu VPS mendapatkan root akses sehingga lebih leluasa dalam mengkustomasi server sesuai kebutuhan Anda. Penyewaan VPS terdiri dari 2 kategori yaitu, VPS Managed dan VPS Unmanaged.
1. VPS Managed yaitu Server kosong atau hanya berisi IP, root dan password.
2. VPS Unmanaged yaitu Sudah terinstall OS Linux atau Windows atau yang sesuai dengan hosting.

     Dalam membuat atau membangun sebuah website atau blog sangat disarankan untuk menyewa VPS, karena VPS sangat membantu kinerja dalam mengelola website, bahkan memiliki kesanggupan lebih dari satu website. Bagi para web developer yang memiliki banyak domain tentu sangat membutuhkan kustomisasi untuk berbagai macam aplikasi yang digunakan. VPS (Virtual Private Server) bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin membangun domain-domain tersebut. Komponen-komponen yang dibutuhkan dalam konfigurasi VPS adalah sebagai berikut:
  • Portal / Website dengan tingkat kunjungan tinggi
  • Penyedia layanan web hosting
  • Corporate dan pemerintah
  • Web developer dan pengembang aplikasi
  • TV/Radio untuk audio video streaming
  • Aplikasi khusus seperti Map Server, VOIP, OpenERP, Game server.

Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih VPS  di Indonesia

     Hosting server Indonesia berupa komputer server yang digunakan untuk menyimpan data, umumnya untuk webpage  yang terletak di Indonesia sehingga sering disebut Indonesia Internet Exchange (IIX). Beberapa komponen-komponen pada VPS yang sangat penting dalam menentukan keberlangsungan hidup startup/perusahaan sebagai berikut:

a. HDD
     Saat memilih VPS, harus perlu mempertimbangkan jenis HDD apa yang akan digunakan. HDD secara material identik dengan piringan metal yang memiliki lapisan magnet. Lapisan itu yang digunakan untuk menyimpan data. Sebuah head read/write bisa mengakses data yang tersimpan ketika piringannya berputar. Ada 3 tipe utama dari HDD yang tersedia ketika memilih VPS, yaitu SATA (Serial Advanced Technology Attachment), SAS (Serial Attached SCSI), SSD (Solid State Drive).

b. Operating System (OS)
     Prosedur dalam memilih sistem operasi dan VPS secara umum akan tersedia dalam waktu maksimal 2 menit dengan berbagai pilihan sistem operasi yang ditawarkan antara lain,  CentOs, CloudLinux, Debian, Ubuntu, Fedora, Gentoo, Red Hat Enterprise Linux, FreeBSD, dan OpenSUSE.

c. Backup
     Backup tidak hanya terkait keamanan dalam hal memulihkan data kalau terjadi masalah pada hardware server, tetapi juga penting jika data tidak sengaja terhapus.

d. Lokasi
     Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik pasal 17, setiap website yang menyimpan data-data keuangan dan digunakan untuk pelayanan publik. wajib menggunakan datacenter Indonesia. Oleh sebab itu saat memilih VPS adalah pemilihan lokasi VPS untuk membuat website utama maupun untuk backup memilih lokasi yang terdekat dengan pelanggan website.
Previous Post
Next Post

0 Comments:

Post Komentar Anda!!!