Tuesday, March 12, 2013

Mahasiswa Yang Ideal


Mahasiswa yang ideal menurut saya adalah seorang mahasiswa atau mahasiswi yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitarnya dan mempunyai harapan yang besar untuk bisa merubah dan meningkatkan kualitas hidup serta lingkungan disekitarnya agar menjadi lebih baik. Dalam merubah dan meningkatkan hal tersebut harus melalui proses-proses yang tak akan pernah terlepas dengan etika-etika yang ada dalam diri kita maupun di lingkungan sekitar.

Mahasiswa harus mampu mengendalikan emosi serta mampu mengolah informasi apa saja yang telah didapat selama kuliah dan berinteraksi dengan teman. Bukan hanya itu mahasiswa bisa dikatakan ideal dia bisa bertanggung jawab sebagai seorang pelajar. Dan mampu memahami tentang etika dan norma sebagai mahasiswa. Sebagai contoh yang mendasar adalah kita harus taat akan peraturan yang berlaku di kampus serta mentaati tata cara pembelajaran yang diberikan oleh pihak kampus dan harus diingat kita harus selalu sopan serta menjaga perilaku kita terhadap dosen.




Seorang mahasiswa harus memiliki visi dan misi yang jauh kedepan untuk kehidupannya. Untuk mewujudkan visi dan misi itu haruslah memperhatikan beberapa hal. Yang pertama yaitu kedisiplinan. Kedisiplinan adalah faktor terpenting dlam kehidupan seseorang. Disiplin meliputi beberapa hal, diantaranya yaitu disiplin waktu. Sekarang ini banyak orang yang mengkorupsi waktu. Biasanya seorang pelajar maupun mahasiswa akan merasa senang jika pulang lebih awal.

Kedisiplinan juga harus kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya didalam lembaga pendidikan saja. Dengan kita membiasakan sikap disiplin kita akan memiliki jiwa yang patuh pada peraturan. Sehingga dengan sendirinya otak kita akan membimbing kita untuk selalu menjalankan peraturan.

Agar kita bisa menjadi mahasiswa yang ideal maka mahasiswa wajib hukumnya membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan, soft skill, network, organisasi, dll. Seorang yang ingin menjadi mahasiswa yang ideal tentunya harus mengetahui apa saja peranannya. Sebagai mahasiswa kita harus bisa mengerti dan paham akan keadaan yang terjadi dalam lingkungan sekitar maupun dalam masyarakat. Maka dari itu wawasan mahasiswa harus luas agar dapat memecahkan masalah-masalah yang terjadi dalam masyarakat.

Mahasiswa harus menumbuhkan jiwa-jiwa sosial yang dalam atau solidaritas sosial. Solidaritas yang tidak dibatasi oleh sekat sekat kelompok, namun solidaritas sosial yang universal secara menyeluruh serta dapat melepaskan keangkuhan dan kesombongan. Mahasiswa tidak bisa melihat penderitaan orang lain, tidak bisa melihat poenderita

Mahasiswa di tuntut untuk lebih berfikir kritis dari situ mahasiswa harus pandai-pandai berdiskusi karena berdiskusi juga sangat penting untuk bekal kita di dunia kerja. Di dunia kerja pasti akan menghadapi banyak relasi yang berbeda pendapat dan diskusi adalah cara untuk menyatukan pendapat.

Oleh karena itu, menjadi mahasiswa yang ideal tidak hanya sekedar mengetahui tetapi tahu apa yang telah ia ketahui tersebut harus diterapkan atau diimplementasikan dalam kehidupannya sehari-hari dimanapun, kapanpun dan pada siapapun.

Nama Blog : rich-tech.blogspot.com

Previous Post
Next Post

0 Comments:

Post Komentar Anda!!!