Saturday, May 26, 2012

Perbedaan Wi-Fi dengan Wi-Max

Perbedaan WiFi Dengan WiMax




Router WiFi
Sebenarnya internet yang mereka pasang di coffee shop menggunakan sistem WiFi, yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan local nirkabel atau yang biasa disebut dengan WLAN (Wireless Local Area Network). Tentu saja dalam memakai WiFi diberikan standar oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering(IEEE), standar yang dipakai adalah IEEE 802.11 agar tiap komputer dapat berkomunikasi dalam frekuensi 2,4; 3,6; dan 5 GHz.
Namun seperti yang kalian ketahui WiFi hanya dapat digunakan untuk jarak-jarak tertentu saja, seperti di coffee shop yang saya bahas tadi, atau kalian memasang WiFi sendiri di rumah, berarti hanya sekitar rumah saja WiFi dapat dipakai. Oleh karena itu ada teknologi yang disebut dengan WiMAX, WiMAX adalah sebuah protocol telekomunikasi yang menyediakan akses internet secara mobile atau bisa mengakses internet dimanapun kita berada. Sudah saatnya berpindah ke WiMAX
Untuk kecepatan yang bisa diakses oleh WiMAX adalah 1Gbps. Untuk menangkap sinyal dari WiMAX itu sendiri dibutuhkan modem yang bisa dibawa kemana-mana, biasanya berbentuk USB, SmartPhones, atau sudah terintegrasi dengan laptop.



Modem USB
Daripada kita harus ke coffee shop yang tentu saja ke coffee shop itu butuh ongkos dan internetan disana harus beli sesuatu, sedangkan dengan WiMAX kita dapat akses di internet dimana saja dan bisa nyeduh kopi sendiri.
WiMAX memiliki standar IEEE 802.16 berdasarkan dari bandwidth yang sudah disetujui dan dilisensi oleh pemerintah, dengan menggunakan standar itu maka tidak akan ada interferensi dari alat-alat wireless lain. Karena hal ini tentu saja WiMAX membutuhkan tenaga yang jauh melebihi dari WiFi, sinyal WiMAX bisa bermil-mil jauhnya tergantung jarak antar BTS telekomunikasi yang ada.

Teknologi WiFi atau yang lebih dikenal dengan Wireless LAN (WLAN) telah banyak diimplementasikan oleh masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri. Selain untuk aplikasi privat, WLAN juga banyak digunakan untuk aplikasi public (hotspot). Selain karena teknologinya, WLAN sangat cepat berkembang karena harganya yang mudah dan perangkatnya mudah didapat. Banyak vendor yang telah menyediakan perangkat WLAN dimana masing-masing saling interoperable karena masing-masing mengikuti standar yang sama yaitu (IEEE 802.11).

Lain dengan WLAN yang sudah banyak dikenal, WiMAX baru mulai di-publish dan baru beberapa negara yang melakukan trial atau implementasi. WiMAX merupakan kependekan Worldwide Interoperability for Microwave Access dimana merupakan pengembangan dari WLAN. Masing-masing diantara keduanya WLAN dan WiMAX mempunyai potensi dan keunggulan sehingga keduanya akan saling mendukung dalam implementasinya.

Coverage/Teknologi

WiMAX dikenal dengan 802.16 wireless MAN (Metro Area Network) dimana teknologi dimaksud mampu melayani pelanggan (user) sampai jarak 50 km dari Base Station. Sedangkan WiFi lebih dikenal dengan 802.11 wireless LAN dimana jangkauan dari AP (Access Point) ke pelanggan (user) sekitar 100 m. Dengan kondisi dimaksud maka WiMAX sangat cocok untuk melayani area outdoor sedangkan WiFi leboh cocok untuk di lokasi indoor. Gambar berikut mendeskripsikan posisi WiMAX (MAN) dan WiFi (LAN).



Standar dan Radio Interface

Standar WiFi lebih dikenal dengan standar 802.11 sedangkan WiMAX mengacu ke 802.16. Pada WiFi lebih dikenal 3 standar yang popular yaitu 802.11b (paling popular dengan kecepatan data sampai 11 Mbit/sec), 802.11a (54 Mbit/sec dengan jarak lebih kecil dibanding 802.11b) dan 802.11g (kecepatan 54Mbit/sec).

Untuk WiMAX dikembangkan mulai dari standar 802.16 kemudian berevolusi ke standar 802.16a (direvisi menjadi 802.16d) kemudian yang terakhir adalah 802.16e. Standar WiMAX 802.16d dikembangkan untuk melayani pelanggan fixed sedangkan 802.16e untuk melayani pelanggan mobile.

Sedangkan pada WiFi, dikenal 3 standar yang utama yaitu standar WLAN 802.11 a/b/g.

Komponen

Secara umum komponen WiMAX dibagi menjadi 3 bagian yaitu subscriber station, base station dan transport site. Untuk subscriber station terletak di lingkungan pelanggan (bisa fixed atau mobile/portable). Sedangkan base station biasanya satu lokasi dengan jaringan operator (jaringan IP/internet atau jaringan TDM/PSTN). Untuk memperjelas perhatikanlah gambar 2 yang merupakan konfigurasi generik dari WiMAX.



Sedangkan untuk WiFi, secara umum terdiri dari AP (Access Point) dan Wireless Client yang bisa terintegrasi dengan device pengguna atau external card. AP dapat disambungkan ke jaringan LAN eksisting.
Previous Post
First

0 Comments:

Post Komentar Anda!!!